Langsung ke konten utama

Tarbiyyah, Its My Dream


Tarbiyyah, Its My Dream

Sebagai pembuka, sebelum kita lanjut, sudah kah anda membaca tulisan saya sebelumya..? jika demikan belum saran saya silahkan di baca dulu sebelum kita lanjut dengan tulisan ini. Dan jika demikian sudah maka silahkan di baca tulisan ini.

Teman teman yang insya Allah di ramati oleh Allah SWT. Islam itu indah, sempurnah dan istimewah. Semua yang melekat pada islam adalah semua yang benar benar menjanjikan kebahagian dan keselamatan. Sederhananya adalah apa yang kita ingginkan sebetulnya sudah di atur sedemikian sempurna oleh islam dan itu yang di namakan syariat, hukum islam.

Karena islam adalah agama yang sempurna maka konsep hidupnya pun mengarahkan kita pada kehidupan yang sempurnah pula, dan indikator kesempurnaan adalah kebermamfaatan hidup kita dapat kita rasakan dan itu bernilai ibadah di sisi allah SWT. Berangkat dari pemahaman kita tentang islam dan akan menjadi modal awal stimulus untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Perlu kita pahami teman teman, Pemahaman agama disini juga sangat diperlukan oleh manusia terutama dikalangan remaja atau pemuda. Pada masa sekarang pemahaman agama dikalangan remaja atau pemuda sangat kurang, dibuktikan dengan adanya penyimpangan sosial di masyarakat, konflik, pergaulan bebas, dan lainlain. Oleh karena itu pemahaman agama remaja dapat ditingkatkan dengan adanya penambahan kegiatan pengkajian ilmu agama di sekitar kampus atau boleh di mesjid mesjid dan lainya.

Tujuan pendidikan yang paling sederhana adalah memanusiakan manusia, atau membantu manusia menjadi manusia. Naquib al-Attas menyatakan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah manusia yang baik. Kemudian Marimba mengatakan bahwa tujuan dari pendidikan Islam adalah terciptanya orang yang berkepribadian muslim. Menurut Langgulung tujuan pendidikan adalah tujuan manusia itu sendiri, sebagaimana yang tersirat dalam peran dan kedudukannya sebagai khalifatullah dan Oleh karena itu menurutnya tugas pendidikan adalah memelihara kehidupan manusia agar dapat mengemban tugas dan kedudukan tersebut

Menurut Al-Ghazali dalam Fathiyah Hasan Sulaiman, tujuan pendidikan harus tercermin dari dua segi, yaitu insan purna yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan insan purna yang bertujuan mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. insan yang kaffah dalam dimensi agama, budaya, dan ilmu. Ketiga, penyadaran fungsi manusia sebagai hamba Allah SWT dan wakil Tuhan di muka bumi ini.

Dan Menurut saya pentingnya tarbiyah ini dalam mempersiapkan genarasi bangsa yang penguatanya pada spiritual agar tumbuh menjadi manusia manusia yang bukan saja baik pemahamannya namun kokoh akidah dan akhlaknya, dengan demikian tentu pemuda seperi ini adalah pemuda Its My Dream bangsa ini.

Teman teman yang dirahmati allah SWT, Di dalam tarbiyah terdapat sebuah Istilah yang boleh jadi agak terdengar asing atau terdengar tidak begitu Femiliar, istilah ini biasanya di sebut untuk sebuah perkumpulan atau kelompok belajar yaitu HALAQAH.

Halaqah berasal dari bahasa arab halqah yang berarti kumpulan orang-orang yang duduk melingkar, sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Mndzur di dalam kitab Lisanu Al-„Arab. Jadi, halaqah adalah proses pembelajaran di mana murid-murid melingkari gurunya.

Dalam halaqah tarbiyah, jumlah pesertanya dibatasi. Tujuannya agar informasi yang disampaikan dapat menyentuh tiga ranah penting dalam kehidupan manusia, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan kata lain, dapat menyentuh aspek ilmu, akhlak, dan amal.

Halaqah merupakan pendidikan informal yang awalnya dilakukan oleh Raslullah SAW. di rumah-rumah para sahabat, terutama rumah Arqam bin Abil Arqam. Pendidikan ini berkaitan dengan upaya-upaya dakwah dalam menanamkan akidah Islam serta pembebasan manusia dari segala macam bentuk penindasan.

Setelah masyarakat Islam terbentuk, maka halaqah dilaksanakan di masjid, dan pada perkembangannya, halaqah ini menjadi pendidikan formal dengan istilah madrasah atau sekolah. Sebelum terbentuknya madrasah, pada zaman Rasulullah SAW dan para sahabat dikenal dengan istilah shuffah dan khuttab atau maktab. (Muhammad Sajirun, Manajemen Halaqah Efektif )

Sebagai oragyang pernah menjadi bagian dari kelompok halaqah ini, yang igin saya katakan bahwa dalam kelompok halaqah terdapat Manisnya ukhuwah akan didapatkan oleh mereka yang halaqahnya berjalan dinamis. Mendinamiskan halaqah berarti menyegarkan suasana, menjinakkan hati dan menumbuhkan kehangatan serta kegairahan untuk berukhuwah antara sesama personil halaqah.

 

Mereka yang hidupnya hanya mengejar dunia, akan mengangap segalahnya untuk dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Pendidikan Nasional

  kesimpulan penguasaan materi Perjalanan Pendidikan Nasional   Perjalanan Pendidikan Nasional Transformasi   pendidikan terjadi pada   masa pemerintahan    Belanda,   saat   itu   tokohtokoh pejuang pendidikan berusaha untuk mendorong perkembangan pendidikan oleh karenaitu pendidikan mulai dianggap penting. Pada masa itu, sistem pendidikan kota mengizinkan gubernur mendirikan sekolah. Maka, para bupati mendirikan sekolah-sekolah kabupaten yanghanya melatih para calon pegawai. Sekolah Bumiputera didirikan    untuk masyarakat kelasbawah, dimana hanya diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Tujuannya adalah untukmendidik orang orang yang dapat mendorong usaha dagang pemerintah hindia belanda. Olehkarena   itu,   para   pelajar   yang melihat   kondisi   tersebut, tergerak hatinya   untuk   melakukanmelakukan transformasi pendidikan bangsa Indonesia. Salah satu tokoh yang berperan dalam perubahan pendidikan Indonesia yang dijulukisebagai    bapak    pendidikan    nasional    ialah  

Gambaran umum media pembelajaran MEMAKNAI GAMBAR MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK dan Proses pelaksaanaan di kelas.

  Gambaran umum media pembelajaran   MEMAKNAI GAMBAR MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK dan Proses pelaksaanaan di kelas. A.     Langkah langkah pembuatan media pembelajaan   a.        Latar belakang: profil pengguna (peserta didik) Media pebelajarn yang kami rancang tentunya telah kami lakukan berbagai upaya, beberapa di antaranya sesuai dengan latar belakang siswa. Dan data tersebut di dapatkan melalui hasil observasi pada kelas VII-I pada satuan intansi SMP 3 Polewali. Dengan latar belakang siswa dan karakteristik siswa. Berdasarkan latar belakang peserta didik yang telah kami temui berikut adalah data hasil observasi yang kamu lakukan : Pemahaman Siswa Terhadap Materi Ekstrim Kiri Ekstrim Kanan   Karakteristik : 1.       Siswa yang memiliki nilai akademis paling rendah pada penilaian harian sebelumya 2.       Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ketika belajar Pendidikan Pancasila ditandai dengan keaktifan yang
Pendidikan yang Memerdekakan dari Perspektif lain Pendidikan sebagai upaya untuk membina dan menuntun segala aspek yang melekat pada peserta didik.  Peserta didik yang merdeka dapat mencapai dan memaknai entitas dan  identitasnya  sebagai  manusia  Indonesia  yang  mandiri, bertanggung jawab, dan beradab. Pendidikan dan pengajaran adalah sarana pendidik untuk membina dan menuntun  pola berpikir dan tingkah laku anak, baik akal  budi  secara  teoritis  maupun  akal  budi  secara  praktis  mereka  demi  membentuk pribadi yang merdeka, berpengetahuan tetapi tetap beretika. Pendidikan yang memerdekakan teinspirasi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu". Ki Hajar Dewantara mempunyai keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab  maka  Pendidikan  menjadi  salah  satu  kunci utama  untuk  mencapainya.  Pendidikan dapat  menjadi  ruang  berl