Gambaran umum media pembelajaran MEMAKNAI GAMBAR MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK dan Proses pelaksaanaan di kelas.
Gambaran
umum media pembelajaran MEMAKNAI GAMBAR
MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK dan Proses pelaksaanaan di kelas.
A.
Langkah
langkah pembuatan media pembelajaan
a.
Latar
belakang: profil pengguna (peserta didik)
Media
pebelajarn yang kami rancang tentunya telah kami lakukan berbagai upaya,
beberapa di antaranya sesuai dengan latar belakang siswa. Dan data tersebut di
dapatkan melalui hasil observasi pada kelas VII-I pada satuan intansi SMP 3
Polewali. Dengan latar belakang siswa dan karakteristik siswa. Berdasarkan
latar belakang peserta didik yang telah kami temui berikut adalah data hasil
observasi yang kamu lakukan :
Pemahaman Siswa Terhadap Materi
Ekstrim Kiri |
Ekstrim
Kanan |
Karakteristik : 1. Siswa yang memiliki nilai
akademis paling rendah pada penilaian
harian sebelumya 2. Siswa yang memiliki motivasi
belajar rendah ketika belajar
Pendidikan Pancasila ditandai dengan keaktifan yang kurang, sering malas atau
tidak mengerjakan tugas, dan mencontek tugas teman. 3. Siswa yang tidak menyukai
pembelajaran Pendidikan Pancasila |
Karakteristik : 1. Siswa yang memiliki nilai
akademis paling tinggi pada penilaian harian sebelumya 2. Siswa yang memiliki motivasi
tinggi ketika belajar Pendidikan Pancasila ditandai dengan keaktifan yang
tinggi, rajin mengerjakan tugas, dan mendapatkan nilai yang baik ketika ujian.
3. Siswa yang menyukai
pembelajaran Pendidikan Pancasila |
Merangkai
pemahaman/crafting insights
1. ternyata
peserta didik tidak menyukai pembelajaran PKN
2. ternyata
peserta didik dapat memahami materi dengan membaca buku yang di sediakan
3. ternyata
peserta didik tidak menyukai metode belajar guru nya
4. ternyata
ada kesulitas media belajar berupa buku untuk peserta didik
5. ternyata
peserta didik mampu menyelesaiakn permasalahannya sendiri
6. ternyata
peserta didik menyukai cara belajar yang menyenagkan berupa permainan di kelas
7. ternyata
peserta didik menyukai guru yang humoris dan dekat dengan siswa
5
Rangkaian pemahaman terpilih
1. ternyata
cara mengajar gurunya yang tidak sesuai dengan keinginan siswa
2. ternyata
pembelajaran guru tidak sesuai dengan latar belakang siswa
3. ternyata
peserta didik menyukai guru yang humoris atau menyenanglan
4. ternyata
ada kesulita media pembelajaran pada siswa berupa buku
5. ternyata
peserta didik tidak menyukai pembelajarabn pkn
Merangkai
pemahaman/crafting insights
Pengayaan:
informasi |
inspirasi |
memorability. |
1.
ternyata peserta didik tidak menyukai pembelajaran
PKN 2.
ternyata peserta didik tidak menyukai metode
belajar guru nya 3.
ternyata ada kesulitas media belajar berupa buku
untuk peserta didik |
1.
ternyata peserta didik mampu menyelesaiakn permasalahannya
sendiri 2.
ternyata peserta didik menyukai cara belajar yang
menyenagkan berupa permainan di kelas 3.
ternyata peserta didik menyukai guru yang humoris
dan dekat dengan siswa |
1.
ternyata peserta didik dapat memahami materi
dengan membaca buku yang di sediakan |
Kesimpulan wawancara:
Menurut hasil observasi
serta wawancara yang kami lakukan lakukan kepada siswa, bahwa tidak tertariknya
siswa pada pembelajaran terletak pada bagaimana guru itu dalam mengelola
pembelajran di kelas, terlebih lagi pada metode serta teknik pembelajaran.
Siswa akan lebih aktif dan bergairah dalam pembelajaran mana kalah ada stimulus
yang sesuai dengan kondisi perasaan siswa. Misalnya guru harus selektif ketika
memulai pembelajaran, terlebih lagi jika waktu atau jadwal pelajarannya di
waktu-waktu menurunya produktifitas siswa. Biasanya tingkat kebosanan siswa
meningkat pada jam siang hari. Maka denagn demikian guru harus bias memahami
kondisi ini dan memodifikasi proses pembelajaran yang tidak monoton dan tidak
membosankan.
b.
Perumusan
tujuan
Berdasarkan hasil obesrvasi dan kelompok kami telah
mengetahui karakter dan latar belakang siswa, Sebelumnya kami telah melakukan
obsevasi dan assemen diagnostik pada siswa smp negeri 3 polewali kelas 7 yang
dimana telah kami dapat 34 peserta di salah satu kelas 7-i dengan kisaran umur
12-13 tahun sehingga membutuhkan metode yang dapat meningkatkan pemahaman
belajar peserta didik terkait dengan meteri batas batas wilayah.
design
challenge
Bagaiman kita bisa
mengembangkan media pembelajaran PPKn yang efektif agar peserta didik kelas VII-i bisa meningkatkan pemahamannya
terhadapa materi batas-batas wilayah.?
c.
Dokumentasi proses
|
d.
Penjelasan mengenai prototipe
|
Pada
tampilan pertama media pembelajaran kami. Terdapat
beberapa fitur. 1.
Fitur gambar
dengan warna dan yang berbeda 2.
Setiap
gambar atau fitur memiliki makna yang berbeda dengan tujuan untuk mebuat
siswa berfikir kritis untuk menjawab pertanyaan nerdasarkan gambar yang
mereka maknai. 3.
Setiap
gambar memiliki makna tersendiri dan tentunya akan menjadi stimulus untuk
siswa berfikir. 4.
Pada
lembark kerja ini, fitur yang paling menonjol adalah mengkoneksikan materi
dan berfikir kritis siswa. |
|
Pada
media pebelajaran berikutnya Dari sisi depan, media pembelajaran ini adalah
pelengkap pada media pembelajaran di atas, sebab ia satu kesatuan yang tak
terlepas. 1.
Fitur
yang terdapat pada media kedua ini yaitu pertanyaan pemantik, yang nantinya
akan mengarahkan untuk siswa berfikir dn menghubungkan dengan media
pembelajaran yang pertama. 2.
Terdapat
gambar yang punya makna sebagai fariasi dan menarik, berdasarkan hasil
obserfasi media ini cocok untuk siswa SMP Kelas VII. |
|
Pada
bagian media pembelajarn berikutnya dari tampak depan. Bagian ini adalah
bagian akhir dari perkerjaan siswa. 1.
Fitur
yang terdapat pada bagian akhir dari media pembelajaran ini adalah kertas sticky notes sdi
gunakan sebagai kertas jawaban siswa. |
B.
SETLAH MERANCANG MAKA SELANJUTNYA ADALAH PELAKSANAAN ATAU PROSES PEMBELAJARAN
DI KELAS
A. Langkah langkah
pemebelajaran.
|
|
Tampilan awal media
pembelajaran di atas, lalu peseta ddik di bagi menjadi beberapa kelompok, dan
setiap kelompok mendapat lembar kerja di atas. Setelah semua sudah mendapatkan
lembar kerja, maka guru akan menjelaska aturan mainya untuk mengatur jalanya
peramian di kelas.
|
|
Setelah pembagian kelompok,
dan semua kelompok telah mendapatkan lembar kerja masing masing, maka langkah
berikutnya mengerjakan proyek kerja nya dalam bentuk permainan, tentunya dengan
bimbingan guru sebagai mediator dan fasilitator di dalam kelas.
|
|
|
|
Di atas adalah hasil
pekerjaan siswa, dengan pembagian kelompok siswa berkolaborasi, membagi peran
masing masing di dalam kel;ompok untuk menyelesaikan tugas keolompok nya.
|
|
Setelah mengerjakan
pekerjaan kelompok, setelah itu setiap kelompok akan mempersentasikan hasil
karya mereka sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja mereka di depan kelas.
Seluru
rangkain proses pembelajaran mengunakan media ini tentunya memperhatikan
skenario waktu, maka setiap kelompok akan di berikan waktu yang telah di
sepakati oleh guru dan siswa.
Komentar
Posting Komentar