kesimpulan
penguasaan materi Perjalanan Pendidikan Nasional
Perjalanan Pendidikan Nasional Transformasi pendidikan terjadi pada masa pemerintahan Belanda,
saat itu tokohtokoh pejuang pendidikan berusaha untuk
mendorong perkembangan pendidikan oleh karenaitu pendidikan mulai dianggap
penting. Pada masa itu, sistem pendidikan kota mengizinkan gubernur mendirikan
sekolah. Maka, para bupati mendirikan sekolah-sekolah kabupaten yanghanya
melatih para calon pegawai. Sekolah Bumiputera didirikan untuk masyarakat kelasbawah, dimana hanya
diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Tujuannya adalah untukmendidik orang
orang yang dapat mendorong usaha dagang pemerintah hindia belanda.
Olehkarena itu, para
pelajar yang melihat kondisi
tersebut, tergerak hatinya
untuk melakukanmelakukan
transformasi pendidikan bangsa Indonesia. Salah satu tokoh yang berperan dalam
perubahan pendidikan Indonesia yang dijulukisebagai bapak
pendidikan nasional ialah
KI Hajar Dewantara.
Salah satu pemikiran
Ki Hajar Dewantara
bahwa mendidik dan
mengajar adalahproses memanusiakan
manusia, sehingga harus
memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik
secara fisik, mental,
jasmani dan rohani.
Maka, pendidikan harusnya memerdekakan manusia, menghasilkan
manusia yang selamat dan bahagia.
Untuk itu seorang pendidik harus dapat mengajarkan hal
hal penting yang dapat peserta didik gunakan baikdilingkungan sekolah atau
dilingkan sosial masyarakat. Maka dari
itu, Ki Hajar Dewantara percaya bahwa
pendidikan itu punya tiga peran penting yaitu yang pertama memajukan dan menjaga
diri, yang kedua memelihara dan menjaga bangsa dan yang ketiga memelihara
danmenjaga dunia.
Ki Hajar Dewantara menyebut ini sebagai filosofi Tri Sri
Rahayu dia percayabahwa semua itu terhubung dan semuanya berkontribusi pada
kepentingan yang lebih besar. Arti dari
filosofi tersebut ialah
ketika kita berhasil
menjadi orang orang
merdeka yang bahagia tentunya
akan mempengaruhi lingkungan sekitar
kita baik keluarga, pertemanan atauorang-orang
sekitar kita dan
ketika masyarakat telah
merdeka atau maju
maka akanberdampak kepada
kemajuan suatu negara.
Oleh karena itu, prinsip pembelajaran yaitu TutWuri
Handayani yang dikemuka…saya menyadari, bahwa pada materi filosofi pendidikan
ini telah membawa pemahaman saya akan pendidikan yang ada di indonesia. seharusnyaSetelah
saya tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara,
saya pun pemahaman arti darikata pendidik. Selain mengajar, guru adalah
seorang pendidik yang tugas untuk mentransferilmu yang mereka miliki dan
mendidik adalah perubahan sikap kepada peserta didik.
Dalam proses pembelajaran, guru harus bisa memberikan
perhatian, menghargai setiap pencapaian peserta didik dan merencanakan
pembelajaran berdasarkan kebutuhan mereka. Maka dari ituseorang guru
tidak harus dengan
memberikan hukuman-hukuman untuk
memberikanpemahaman bahwa mereka telah melakukan kesalahan karena ini
berdampak pada mentalanak, mereka akan memiliki pemikiran negatif sehingga
mereka akan membatasi diri mereka,mereka juga akan takut membuat kesalahan.
Sebagaimana yang pernah saya rasakan ketikasaya duduk dibangku sekolah dimana
guru saya menghukum saja saat itu tanpa tahu apakesalahan saya.
Sehingga saya takut
untuk melakukan kesalahan.
Jadi
sebaiknya dalam proses
pembelajaran juga guru tidak harus keras dalam mengajarnya, guru harus lebih
sabardan mengetahui motif siswa melakukan tindakan-tindakan tersebut sehingga
guru mampumenemukan solusi yang tepat untuk menghadapi setiap permasalahan
yang dilakukan olehanak dan saya pun paham bahwa peserta didik memiliki peran
yang sama pentingnya denganseorang guru. Seharusnya guru menjadi
fasilitator yang mendorong siswa untuk
berperanaktif dalam menemukan
Perjalanan perjuangan pendidikan yang di gagas oleh
beliau adalah tentang arah pendidikan yang menjadi tuntunan pendidikan di
indonesia, hal demikian memiliki koneksifitas dengan pengalaman hidup kita,
bahwa pendidikan yang kita nikmati adalah buah dari perjuangan ki hajar
dewantoro, tentang kemerdekaan bagi siswa dan kemerdekaan bagi setiap manusia
untuk mendapatkan pendidikan. Berikutnya pada ruang kolaborasi kita berdiskusi
membahas tentang permasalahan pendidikan di indonesia, saling bertukar pikiran
dan memberikan argumentadi dengan data dan fakta tentang pendidikan di
indonesia.
![]() |
peta perjalanan pendidkan di indonesia |
Komentar
Posting Komentar