Langsung ke konten utama

Perjalanan Pendidikan Nasional

 

kesimpulan penguasaan materi Perjalanan Pendidikan Nasional

 

Perjalanan Pendidikan Nasional Transformasi  pendidikan terjadi pada  masa pemerintahan   Belanda,  saat  itu  tokohtokoh pejuang pendidikan berusaha untuk mendorong perkembangan pendidikan oleh karenaitu pendidikan mulai dianggap penting. Pada masa itu, sistem pendidikan kota mengizinkan gubernur mendirikan sekolah. Maka, para bupati mendirikan sekolah-sekolah kabupaten yanghanya melatih para calon pegawai. Sekolah Bumiputera didirikan   untuk masyarakat kelasbawah, dimana hanya diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Tujuannya adalah untukmendidik orang orang yang dapat mendorong usaha dagang pemerintah hindia belanda. Olehkarena  itu,  para  pelajar  yang melihat  kondisi  tersebut, tergerak hatinya  untuk  melakukanmelakukan transformasi pendidikan bangsa Indonesia. Salah satu tokoh yang berperan dalam perubahan pendidikan Indonesia yang dijulukisebagai   bapak   pendidikan   nasional   ialah   KI   Hajar   Dewantara.  

Salah   satu   pemikiran   Ki   Hajar   Dewantara   bahwa   mendidik   dan   mengajar   adalahproses  memanusiakan  manusia,  sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan   baik   secara   fisik,   mental,   jasmani   dan   rohani.   Maka,   pendidikan   harusnya memerdekakan manusia, menghasilkan manusia yang selamat dan bahagia.

Untuk itu seorang pendidik harus dapat mengajarkan hal hal penting yang dapat peserta didik gunakan baikdilingkungan sekolah atau dilingkan sosial masyarakat.  Maka dari itu,  Ki Hajar Dewantara percaya bahwa pendidikan itu punya tiga peran penting yaitu yang pertama memajukan dan menjaga diri, yang kedua memelihara dan menjaga bangsa dan yang ketiga memelihara danmenjaga dunia.  

Ki Hajar Dewantara menyebut ini sebagai filosofi Tri Sri Rahayu dia percayabahwa semua itu terhubung dan semuanya berkontribusi pada kepentingan yang lebih besar.  Arti   dari   filosofi   tersebut   ialah   ketika   kita   berhasil   menjadi   orang   orang   merdeka   yang bahagia tentunya akan mempengaruhi  lingkungan sekitar kita baik keluarga, pertemanan atauorang-orang   sekitar   kita   dan   ketika   masyarakat     telah   merdeka   atau   maju   maka   akanberdampak kepada kemajuan suatu negara.

Oleh karena itu, prinsip pembelajaran yaitu TutWuri Handayani yang dikemuka…saya menyadari, bahwa pada materi filosofi pendidikan ini telah membawa pemahaman saya akan pendidikan yang ada di indonesia. seharusnyaSetelah saya tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara,  saya pun pemahaman arti darikata pendidik. Selain mengajar, guru adalah seorang pendidik yang tugas untuk mentransferilmu yang mereka miliki dan mendidik adalah perubahan sikap kepada peserta didik.

Dalam proses pembelajaran, guru harus bisa memberikan perhatian, menghargai setiap pencapaian peserta didik dan merencanakan pembelajaran berdasarkan kebutuhan mereka. Maka dari ituseorang   guru   tidak   harus   dengan   memberikan   hukuman-hukuman   untuk   memberikanpemahaman bahwa mereka telah melakukan kesalahan karena ini berdampak pada mentalanak, mereka akan memiliki pemikiran negatif sehingga mereka akan membatasi diri mereka,mereka juga akan takut membuat kesalahan. Sebagaimana yang pernah saya rasakan ketikasaya duduk dibangku sekolah dimana guru saya menghukum saja saat itu tanpa tahu apakesalahan   saya.   Sehingga   saya   takut   untuk   melakukan   kesalahan.  

Jadi   sebaiknya   dalam proses pembelajaran juga guru tidak harus keras dalam mengajarnya, guru harus lebih sabardan mengetahui motif  siswa  melakukan tindakan-tindakan tersebut  sehingga  guru mampumenemukan solusi yang tepat untuk menghadapi setiap permasalahan yang dilakukan olehanak dan saya pun paham bahwa peserta didik memiliki peran yang sama pentingnya denganseorang guru. Seharusnya guru menjadi fasilitator  yang mendorong siswa untuk berperanaktif dalam menemukan

Perjalanan perjuangan pendidikan yang di gagas oleh beliau adalah tentang arah pendidikan yang menjadi tuntunan pendidikan di indonesia, hal demikian memiliki koneksifitas dengan pengalaman hidup kita, bahwa pendidikan yang kita nikmati adalah buah dari perjuangan ki hajar dewantoro, tentang kemerdekaan bagi siswa dan kemerdekaan bagi setiap manusia untuk mendapatkan pendidikan. Berikutnya pada ruang kolaborasi kita berdiskusi membahas tentang permasalahan pendidikan di indonesia, saling bertukar pikiran dan memberikan argumentadi dengan data dan fakta tentang pendidikan di indonesia.

peta perjalanan pendidkan di indonesia




 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambaran umum media pembelajaran MEMAKNAI GAMBAR MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK dan Proses pelaksaanaan di kelas.

  Gambaran umum media pembelajaran   MEMAKNAI GAMBAR MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK dan Proses pelaksaanaan di kelas. A.     Langkah langkah pembuatan media pembelajaan   a.        Latar belakang: profil pengguna (peserta didik) Media pebelajarn yang kami rancang tentunya telah kami lakukan berbagai upaya, beberapa di antaranya sesuai dengan latar belakang siswa. Dan data tersebut di dapatkan melalui hasil observasi pada kelas VII-I pada satuan intansi SMP 3 Polewali. Dengan latar belakang siswa dan karakteristik siswa. Berdasarkan latar belakang peserta didik yang telah kami temui berikut adalah data hasil observasi yang kamu lakukan : Pemahaman Siswa Terhadap Materi Ekstrim Kiri Ekstrim Kanan   Karakteristik : 1.       Siswa yang memiliki nilai akademis paling rendah pada penilaian harian sebelumya 2.       Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ketika belajar Pendidikan Pancasila ditandai dengan keaktifan yang
Pendidikan yang Memerdekakan dari Perspektif lain Pendidikan sebagai upaya untuk membina dan menuntun segala aspek yang melekat pada peserta didik.  Peserta didik yang merdeka dapat mencapai dan memaknai entitas dan  identitasnya  sebagai  manusia  Indonesia  yang  mandiri, bertanggung jawab, dan beradab. Pendidikan dan pengajaran adalah sarana pendidik untuk membina dan menuntun  pola berpikir dan tingkah laku anak, baik akal  budi  secara  teoritis  maupun  akal  budi  secara  praktis  mereka  demi  membentuk pribadi yang merdeka, berpengetahuan tetapi tetap beretika. Pendidikan yang memerdekakan teinspirasi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu". Ki Hajar Dewantara mempunyai keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab  maka  Pendidikan  menjadi  salah  satu  kunci utama  untuk  mencapainya.  Pendidikan dapat  menjadi  ruang  berl